Pencemaran Suara: Penyebab, Dampak, dan Cara Mencegahnya

Jika di lingkungan Anda mengalami pencemaran suara, Anda harus waspada. Pasalnya, polusi suara ini dapat merusak lingkungan & kenyamanan di sekitar tempat tinggal. Biasanya, gangguan ini mengakibatkan ketidaknyamanan bagi makhluk hidup disekitarnya. Perlu Anda ketahui bahwa polusi suara termasuk sumber pencemaran terbesar di dalam kehidupan.

Penyebab Pencemaran Suara

Beberapa penyebab pencemaran suara adalah:

1.      Industri

Indusri di suatu wilayah dengan mesin-mesin besar dapat membuat kebisingan. Bahkan, bisa juga membuat polusi suara jika jumlahnya besar. Mesin-mesin besar tersebut contohnya adalah exhaust fan, genset, compressor, dll.

2.      Kegiatan Masyarakat

Ada juga kegiatan masyarakat yang dapat berakibat pada polusi suara seperti pesta, tempat peribadatan, dan acara pernikahan. Efeknya memang tidak terlalu terlihat. Tetapi, dampaknya dapat menurunkan kualitas pendengaran.

3.      Transportasi

Mobil, motor, bus, kereta api, pesawat terbang, dll. sering membuat bising. Ini juga termasuk salah satu contoh polusi suara. Jika Anda tinggal di daerah yang sangat bising akibat transportasi, kualitas pendengaran Anda juga beresiko menurun.

4.      Suara Hewan

Menurut berbagai sumber artikel kesehatan, suara hewan juga dapat menyebabkan pencemaran/polusi suara. Tentu saja, ini berkaitan dengan suara hewan yang keras seperti gonggongan anjing, kicauan burung dalam jumlah banyak, dll.

Dampak Pencemaran Suara

Ada beberapa dampak pencemaran suara. Selain mengganggu kualitas pendengaran, polusi suara juga dapat berpengaruh pada kesehatan manusia. Misalnya adalah stress, gangguan tidur, dan kerusakan pendengaran.

Kemudian, polusi suara juga dapat membuat orang mudah tersinggung, gelisah, frustasi, bahkan marah. Lebih jauh lagi, polusi suara dapat mengganggu kesehatan mental. Beberapa gangguan pendengaran akibat polusi suara adalah pendengaran yang terdistorsi (paracusis), telinga berdenging terus (tinnitus), dan persepsi kenyaringan abnormal.

Lebih parahnya lagi, polusi suara bisa meningkatkan tekanan darah. Dalam jangka lama, hal ini dapat meningkatkan penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung rematik, penyakit arteri perifer, penyakit serebrovaskular, dan penyakit jantung coroner.

Tips Mencegah Bahaya Pencemaran Suara

Untuk mencegah dan mengatasi bahaya pencemaran suara, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Pertama, Anda harus mencari tempat yang tidak bising agar Anda bisa lebih nyaman dan tenang. Untuk mengatasi bahaya polusi suara, Anda bisa mulai dai lingkungan terkecil dulu yaitu keluarga.

Setelah itu, baru kemudian sosialisasi melalui media massa untuk mencakup masyarakat lebih luas. Anda perlu memberi pemahaman akan bahaya polusi suara serta dampaknya yang mengerikan baik bagi fisik maupun mental.

Untuk area rumah, Anda bisa mengelompokkan ruangan yang dapat meminimalisir polusi suara supaya mendapatkan ketenangan. Membuat ruangan rumah jauh dari jalan adalah ide yang bagus. Lalu, Anda juga bisa mempertimbangkan penggunaan materi kedap suara. Satu lagi, pencemaran suara juga dapat dicegah dengan membuat pagar agar suara bising tidak masuk ke bangunan/rumah Anda. Mudah-mudahan artikel kesehatan ini bermanfaat untuk Anda semua.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *